Salam cinta dari Ania

Photobucket

Minggu, 20 November 2011

Mozaik Tarbiyah


Nilai Tarbiyah
(Sabtu,5/11) o/ Bu Ika


1.    Hati yang Bersih
a.    Memupuk hati qt untuk selalu tegar. Meskipun keputusan Alloh begitu berat, qt ga akan mudah mengeluh. Hal-hal terbaik yang dimiliki wajib selalu disyukuri.
b.    Meningkatkan harapan qt dengan memperbanyak amal sehingga mengurangi noda-noda dosa.
c.     Memperhatikan perintah Alloh dan menjauhi larangan Alloh dengan sepenuh hati.
-       Memahami tujuan hidup qt sebenarnya, apakah bermuatan nilai ibadah atau sebaliknya?
-  Melaksanakan dan Menjaga dien dengan niat (+), i’tiba rasul (+) dan dilandasi perasaan cinta.
2.    Penjagaan Jiwa
Dengan sabaar, syukur, dan tawakal..sami’na wa atho’na..
3.    Pengembangan Akal
Pemikiran yang qt ambil apakah sesuai syariat dan disukai Alloh?
4.    Pengorbanan
Seseorang memiliki kehormatan jika memiliki nilai pengorbanan dalam hidupnya. contoh, bedanya antara ibu yang memasak dengan bumbu cinta dan ibu yang memasak dengan bumbu keterpaksaan akan menimbulkan efek negatif bagi yang memakannya.
5.    Selalu Bergerak
Pastikan qt selalu bergerak dalam kebaikan, jangan berhenti atau menunggu sebuah hal yang tidak pasti, gunakan setiap waktu bermanfaat. Seperti air yang mengalir di samudera yang tenang..^^

Cara Menjaga Atmosfer Dakwah
(Minggu, 13/11/11) o/ Bu Rusdarminah

1.    Ruhiyah Ta’abudiyah
Niat ngaji, niat sholat, niat hafalin Qur’an berdasarkan niat lillah. Jadi, ruh semakin mudah trenyuh ketika melakukan ibadah secara ikhlas karena Alloh SWT. Segala hambatan untuk mengikuti ngaji akan mudah diselesaikan dan prioritas untuk ngaji berdasarkan nilai kebutuhan jiwa yang utama. Oleh karena itu, setiap minggu kita disarankan untuk mencharger rukhiyah qt agar iman selalu fresh dan selalu terjaga.

2.    Ilmiyah Fitriyah
Salah satu ahli surga adalah penghafal Al-Qur’an. Maukah qt tergolong orang-orang yang menghafalkan Qur’an dan mengaplikasikan ilmu dalam kehidupan sehari-hari?
3.    Harokiyah Dakwatiyah
Ngajak orang untuk melakukan kebaikan, misal: ngajak sholat, ngajak ngaji, baca Qur’an hayati artinya dan amalkan dalam kehidupan.
Ketika qt menjaga sholat, maka sholat akan menjaga qt....Beda, loh, antara orang yang sekedar mengamalkan dengan orang yang bersemangat ^^
*) di akhir sesi, ada evaluasi tentang faktor-faktor penghambat qt ikut ngaji...sista, ada waktu luang apa saja, niih? :D

Urgensi Tarbiyah
(Minggu,20/11) o/ Bu Ika

Pembentukan karakter seseorang dapat dimulai dengan tarbiyah (pembinaan). Entah tarbiyah di rumah, tempat ngaji, sekolah dan di mana-pun bisa. Secara umum, urgensi tarbiyah adalah membangun kepribadian Islami (QS Al Isra:70) dan (QS At tin:4).
Dalam pribadi muslim, ada ruang lingkup yang harus dibangun:
1.  Aspek Ruhiyah
     Bercermin pada QS Asy Syams:8-9. Ruhiyah dipengaruhi oleh akidah, akhlak dan tingkah laku.
2.  Aspek Fikriyah
Memperluas pikiran qt tentang norma-norma dan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.
3.  Aspek Amaliyah
Ada 3 alasan orang beramal, yaitu: sebagai kewajiban sendiri, keawajiban terhadap keluarga, dan kewajiban terhadap dakwah. Maka, berkerja dan berproseslah dengan cara amal yang baik ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar